Pasang iklan Pasang iklan pasang iklan pasang iklan

Thursday 28 November 2013

Brand Building

assalamuallaikum selamat pagi salam sejahtera kawan-kawan semua, kali ini gue akan ngebahas tentang "brand building", yang masih dalam lanjutan sekuel post-post sebelumnya.

Pertama-tama gue mau nanya, ada yang tau apa itu brand building ? apa sering denger ? mungkin dari dosen, temen atau pacar ? kayanya ga mungkin ya pacar, karena menurut yang gue baca pada tahun 2013 ini manusia yang berpasangan khususnya dalam hal romansa tingkat remaja kaula muda ini menurun, mungkin karena tingkat habbit manusia yang menjunjung tinggi ego nya masing-masing, tapi back to topic bahwa brand building itu ialah "proses konsisten memberikan citra sesuai apa yang dinginkan perusahaan kepada orang yang dituju, dalam hal ini pelanggan, customer, dan khalayak"

masih ga ngerti ? kita buat contoh: ada yang tau limbad ? gue yakin semuanya tau, tapi masih ada yang inget bahwa the master itu juara nya ialah joe sandy ? masih ada yang inget ? pasti sedikit yang inget atau bahkan kamu mengerutkan dahi sambil berkata "oh iya ya". itu lah yang di maksud brand building, hasil proses terus menerus tak kenal lelah secara continue yang menghasilkan citra kepada khalayak bahwa the master itu ialah limbad. bukan joe sandy.

Brand building itu hampir mirip dengan melahirkan dan memelihara serta membesarkan seorang anak. bahwa bila seorang anak punya nama, kepribadian, image, dan peran dalam kehidupan. maka demikian pula lah sebuah brand!

Upaya melakukan brand building dengan cara instan hanya akan menghasilkan output yang instan pula. Proses brand building sewajarnya mengikuti hukum alam sehingga tidak dipaksakan. Inilah yang menjelaskan kenapa Limbad lebih popular dan terkenal daripada pemenang pertama The Master. Bahkan seakan menjadi idiom, Limbad the Master lebih familier dan enak kedengaran di telinga daripada Joe Sandy the Master. Brand juga harus di-maintenance supaya terawat dan tetap segar dikenal oleh masyarakat luas.


Brand yang dibangun dengan benar melalui materi marcomm serta branding yang terintegrasi, dengan strategi yang cerdas dan tepat, maka suatu saat ia pun akan berada di tengah target marketnya dengan memiliki kepribadian yang kuat, positioning yang tepat. dan pada akhirnya mampu bertahan serta memiliki brand value yang tinggi.

Brand yang dibangun dengan baik, akan menjadi asset perusahaan yang nilainya bahkan BISA lebih besar dari nilai perusahaan itu sendiri! Banyak contoh kasus seperti ini, misalnya cocacola dan disney.
Bran yang telah memiliki nilai yang tinggi juga akan bisa di leverage ke anak-anak brand yang berikutnya, dengan sejak awal merencanakan brand architecture nya

Sumber


http://rightbrainconsulting.blogspot.com/2010/03/membangun-brand-itu-seperti-memelihara.html
http://pendidikan-science.blogspot.com/2010/12/power-of-visual-branding.html


@tegarirsyad

0 comments:

Post a Comment

Pasang iklan Pasang iklan pasang iklan pasang iklan