Pasang iklan Pasang iklan pasang iklan pasang iklan

Saturday 24 March 2012

Mitos dan Fakta Tentang Diet

Mitos:
Karbohidrat menggemukkan.
Fakta:
Seperti makanan lain, karbohidrat memang akan menambah beratbadan bila dikonsumsi berlebihan. Begitu juga bila kalori yang masuk ketubuh melebihi jumlah yang dibutuhkan.

Mitos:
Untuk menurunkan berat badan, jauhi semua jenis lemak!
Fakta:
Anda tidak perlu ’memerangi’ semua jenis lemak untuk mengurangiberat badan. Mengkonsumsi lemak yang tepat dan dalam jumlah tepatmalah dapat membantu usaha Anda untuk langsing.

Mitos:
Untuk menurunkan berat badan, anda harus melakukan latihanaerobik.
Fakta:
Wanita yang menjalani diet
dan membatasi pemasukan kalori memangdapat menurunkan berat badan tanpa Iharus melakukan olah raga.Namun, ada baiknya Anda tidak meninggalkan latihan kardiovaskular.

Mitos:
“Seminggu sebelum menstruasi, kalori yang terbakar lebihsedikit. Karena itu, bahaya bila anda makan terlalu banyak.
Fakta:
Pada masa ovulasi, metabolisme wanita meningkat. Penelitianmenunjukkan bahwa hal tersebut menyebabkan wanita mengkonsumsi150-300 kalori lebih banyak selama beberapa hari sebelum menstruasi. Enerji ekstra yang diperlukan untuk ovulasi ini membuat tubuhmengkompensasinya dengan "mencari" lebih banyak kalori. Akibatnya,Anda merasa membutuhkan lebih banyak makanan selingan. Untukmenghindari bertambahnya berat badan, Anda lebih dianjurkanmengkonsumsi makanan berbumbu (spicy), untuk mengimbangikeinginan mengudap makanan manis.


Mitos:
“Diet tinggi protein mempercepat penurunan berat badan.
Fakta:
Saat menjalani diet tinggi protein yang membatasi pemasukankarbohidrat, bobot tubuh akan turun lebih cepat karena banyaknyakadar air yang dibuang. Ada dua penyebabnya. Pertama, saat pasokankarbohidrat berkurang, tubuh akan menyimpan karbohidrat (disebutglikogen) sebagai cadangan energi.Proses ini membutuhkan tambahan air dari jaringan tubuh untukmembuang sisa protein. Air yang terpakai inilah yang sepertinyamenunjukkan bobot berkurang. Penurunan ini bersifat sementara.Kebutuhan protein yang dianjurkan adalah 0,8 gr/kg berat badan. Bisadiperoleh dari1 potong sedang daging sapi,1 potong sedang daging ayam,1 potong sedang ikan segar,2 1/2 sendok makan kacang hijau.2 sendok makan kacang tanah,1 buah besar tahu, atau2 potong sedang tempe


Mitos:
Diet memperlambat metabolisme.
Fakta:
Mengurangi pemasukan kalori untuk sementara memang akanmemperlambat metabolisme, tetapi tidak secara signifikan. Tingkatmetabolisme yang melambat merupakan upaya juntukmempertahankan fungsi tubuh, dari membangun sel-sel baru sampaimencema makanan.

Mitos:
Makanan tinggi serat akan memacu metabolisme. Dengandemikian, membantu pembakaran kalori.
Fakta:
Konsumsi segala makanan akan meningkatkan metabolisme, karenapencernaan membutuhkan enerji untuk proses mengolah makanan.Tetapi, karena serat masuk ke tubuh tanpa dicerna, kalori yangdigunakan untuk proses tersebut lebih sedikit daripada saat Andamengkonsumsi makanan lain.

Mitos:
“Mengkonsumsi kombinasi beberapa makanan dapat membantu penurunan berat badan.
Fakta:
Tubuh memiliki sistem pencernaan yang sangat efisien. Apapunkombinasi makanan yang Anda konsumsi, sistem tersebut akanmemisahkannya dan mencemanya secara bersamaan. Kalau Anda tidakmenyertakan makanan yang mengandung zat gizi penting, sepertiproduk susu yang mengandung kalsium, diet yang Anda lakukan justruakan membahayakan kesehatan Anda.

0 comments:

Post a Comment

Pasang iklan Pasang iklan pasang iklan pasang iklan